Tujuan Sekolah

SMP Negeri 1 Kauman berupaya untuk dapat mencapai tujuan sekolah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dengan menerapkan pendekatan / metode yang kreatif dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan Program Kelas Unggulan / Bina Prestasi dan berkualitas.
  3. Prestasi dalam bidang akademik dan non-akademik meningkat
  4. Menghasilkan lulusan yang berkualitas; beriman dan bertaqwa; kompeten berkarakter positif, dan peduli lingkungan.
  5. Rerata Nilai Ujian Nasional (UN) meningkat menjadi 7,30.
  6. Bakat dan minat siswa dapat dikembangkan melalui program kurikuler, pengembangan diri, dan kegiatan ekstra kurikuler secara maksimal.
  7. Memiliki Dokumen I: Kurikulum Dokumen II; Silabus, Dokumen III; RPP, serta Modul/LKS/Pengembangan Materi, dan Sistem Penilaian.
  8. Layanan bimbingan dan konseling berfungsi secara maksimal.
  9. Kinerja pendidik yang professional dan tenaga kependidikan yang mumpuni.
  10. Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah terlaksana secara demokratis, akuntabilitas, dan terbuka.
  11. Sarana dan prasarana pembelajaran dapat terpenuhi secara layak.
  12. Mengoptimalkan system administrasi sekolah berbasis IT.
  13. Peserta didik dan seluruh warga sekolah berperilaku tertib dan disiplin.
  14. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dapat diimplementasikan ke dalam kurikulum.
  15. Mempertahankan predikat Sekolah Adiwiyata Nasional.
  16. Warga sekolah peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup sekolah dan sekitarnya.
  17. Kualitas lingkungan hidup sekolah menjadi hijau, bersih, indah dan sehat.
  18. Warga sekolah berperan aktif dalam pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Sasaran

Jangka panjang:

  1. Meraih kejuaraan dalam lomba saint tingkat nasional.
  2. Meraih kejuaraan pada kompetisi dan lomba dibidang seni dan olah raga ditingkat nasional.
  3. Meraih kejuaraan pada setiap lomba dibidang kreatifitas siswa.

Jangka menengah:

  1. Peserta didik meraih kejuaraan dalam lomba lingkungan bersih dan sehat.
  2. Terpenuhinya sarana kegiatan belajar mengajar dengan perangkat ICT untuk guru dan siswa.
  3. Tersedianya sarana kegiatan olah raga yang semakin memadai.

Jangka pendek:

Tahun Pelajaran 2018/2019 :

  1. Peserta didik lulus 100% dengan nilai sangat baik.
  2. Jumlah peserta didik yang diterima di SMA/SMK Favorit.
  3. Peserta didik bebas dari pelanggaran norma-norma agama.
  4. Peserta didik menunjukkan perilaku yang sopan dan bertutur kata yang santun kepada para pendidik, orang tua, dan sesama teman.
  5. Peserta didik dari keluarga kurang mampu terbantu kesulitannya.
  6. Meraih juara sekolah berlingkungan sehat.

Strategi

  1. Meningkatkan kualitas persiapan pembelajaran pendidik melalui workshop/diklat
  2. Tersedianya perangkat pembelajaran berkarakter
  3. Meningkatkan kualitas PBM
  4. Mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium
  5. Meningkatkan kualitas sistem penilaian.
  6. Menyelenggarakan Program Tambahan Belajar (PTB)
  7. Menyelenggarakan diklat/workshop peningkatan mutu pendidik
  8. Mengoptimalkan kegiatan MGMPS
  9. Menigkatkan sarana prasarana (daya listrik, TIK, perpustakaan, dan peralatan laboratorium)
  10. Mengoptimalkan pemantauan PBM
  11. Meningkatkan kegiatan supervisi
  12. Mengadakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi/LBB.
  13. Meningkatknan layanan informasi pendidikan melalui media elektronik (website, blog, email, PAS)
  14. Menyelenggaraka diklat olimpiade
  15. Mengoptimalkan pembinaan olimpiade
  16. Mengoptimalkan pembinaan ekstrakurikuler
  17. Melengkapi sarana kegiatan ekstrakurikuler
  18. Mengoptimalkan pembinaan kerohanian/kultum jum’at pagi di sekolah
  19. Mengoptimalkan kegiatan ibadah disekolah
  20. Meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban warga sekolah
  21. Mengoptimalkan penerapan ketentuan tata tertib
  22. Mengoptimalkan keikutsertaan dalam lomba kreatifitas siswa
  23. Mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan karakter oleh semua tenaga pendidik
  24. Meningkatkan keteladanan dari para pendidik
  25. Meningkatkan kepedulian pendidik terhadap perilaku peserta didik